Asus ROG GL552V, Laptop Gaming Harga Murah Spesifikasi Dewa April 2017

Semakin ke sini grafik game-game baru baik untuk konsol maupun PC semakin ngga nyantai. Sayangnya, yang berkembang juga bukan hanya grafiknya saja, tapi… harga nya juga ikut-ikutan berkembang. Yup, rasa-rasanya jika ingin hidup enak main game-game bagus seenggaknya kita kudu dapat buang berjuta-juta rupiah. Buat yang tinggal minta ke mami papi sih mudah, namun buat gamers mandiri yang ngirit, yaa… nasib gaming-nya paling disekitaran main COC serta Vainglory di smartphone doang 🙁 

Asus, vendor notebook nomor satu di Taiwan nyatanya memahami bener sama kebimbangan gamer yang kantongnya ngepas. Maka dari itu, Asus sebagian bln. lantas ngerilis unit notebook spesial gaming yang harga nya ingin temanan sama kantong. Notebook gaming ini tentunya masihlah di serial product Republic of Gamers, namanya Asus ROG GL552V. Kebetulan tim Mang Gadget telah nyoba laptop kece ini serta ngelakuin test sepanjang 2 mingguan. Akhirnya? GGWP! 

Oh iya, buat yang ngga tau, laptop ini yaitu penerus seri entry GL552JX yang juga dikhususin untuk entry-level. 

Asus-ROG-GL552V-TopNgomongin laptop ini dari paling luar, impresi awal mamang cocok nenteng box/kardus laptop ini, hmm… luarannya sih umum saja ya, namun mamang miliki feeling jika dalemnya yang bakalan mengagumkan. Di dalam boxnya, ada 1 unit Asus ROG GL552V, buku manual, DVD Driver, Chargeran, Cloth Cleaner serta Iketan Kabel. Seperti umum, batere-nya dalam kondisi un-attached dengan kata lain terpisah. 

Asus-ROG-GL552V-body 

Asus-ROG-GL552V 

BODY & DESAIN 

Dalam sisi design, Asus ROG series memang paling dapat deh mikat hati beberapa gamer dengan design yang futuristik serta pas banget ditenteng sama gamer garis keras. Sayangnya, materialnya agak buat “gubrak”. Sekilas laptop ini terbuat bermaterial aluminium, terlebih beratnya nyampe 2. 6 Kg. Kenyataannya, Asus ROG GL552V didominasi material plastik poly-carbonate. Namun, overall sih ngga permasalahan sepanjang yang make bukanlah gamer slebor yang tiap-tiap 3 mtr. sekali kepentok tembok (itu gamer apa personil kuda lumping?). 

Asus-ROG-GL552V-type 

Asus-ROG-GL552V-keyboard2 

Kalian yang sukai sama keyboard backlit, tentunya akan kerasan banget lama-lama main game di laptop ini. Terlebih buat yang sukai warna merah, soalnya backlit keyboard-nya yang merah menyala ini memang seksi banget serta narik perhatian orang di sekitar. Keyboard backlit juga tentunya buat kegiatan nge-laptop kita di malem hari jadi ngga sulit. 

Anyway, bukan hanya keren, namun keyboard laptop ini dapat empuk dipencet serta ADA NUMPAD-nya! Haha… ngepas banget nih buat yang sukai in-game chat (tuker-tukeran nomor HP sama gamer cewek). Untuk touchpad-nya juga halus serta peka, tentunya lebih peka daripada seri terlebih dulu. 

Asus-ROG-GL552V-keyboard 
Gamers juga ngga butuh cemas sama kwalitas monitor 15. 6-inch dari Asus ROG GL552V. Laptop ini telah pakai IPS Full HD dengan permukaan matte yang ditanggung ngga akan mental-mantul. Monitor matte juga tentunya ngga buat sakit mata. Reproduksi warna monitornya mantap, contrast tinggi, vivid, serta yang paling utama, monitornya tetep terang walaupun dilihat dari beragam angle. Well done Asus, monitormu pas serta nyaman buat mata beberapa gamers, di pakai lama-lama ngga pusing. 

Asus-ROG-GL552V-ports-2Asus-ROG-GL552V-ports 
 
Berpindah ke perlobangan di laptop ini, kalian ngga butuh cemas lagi bakal kehadiran port-port primitif. Soalnya 2 dari 3 port USB yang ada tuh telah pakai USB 3. 0, serta ada penambahan port USB 3. 1 Tipe-C. So, semakin ngebut deh jika lempar-lempar data. Terlebih, hari gini berapakah tipe laptop sih yang telah majang port Tipe-C? 

Ada pula slot Card Reader, HDMI, docking, audio & mic, LAN, serta ngga ketinggal DVD-RW Driver yang terakhir mulai ngilang di jejeran notebook-notebook kekinian. Walau sebenarnya, DVD Driver tuh masihlah kepake banget buat instal-instal game dari DVD serta nonton Blu-Ray film biru (tujuannya box Blu-Ray kan biru warnanya). 

Asus-ROG-GL552V-specs 
 
PERFORMANCE 

Lanjut ke dapur picu dengan kata lain ngomongin performa. Mamang serta tim cukup kaget cocok awal banget ketemu laptop ini. Bukanlah kaget lantaran laptopnya dapat terbang, namun lantaran harga nya ngga sepadan performa. Eittss! Bukanlah dalam artian negatif lho ya. Malah yang buat kaget yaitu, dengan harga ngga nyampe 15 juta, kita dapet spesifikasi seperti berikut : 

– Processor Core i7 (Skylake – Gen 6) 2, 6GHz, mampu TurboBoost Ke 3, 5GHz 
– NVIDIA GeForce GTX 960M 4GB 
– RAM 8GB serta dapat ditambah sampai 16GB 
– 1TB HDD (7200 rpm) 
– 4-cell 47Wh (3200 mAh) Li-Ion Batterai (standard sih baterenya…) 
– Microsoft DirectX 12 support 
– Sonic Master Audio 

Hmm… kombinasinya mantab kan? Yep, terdapat banyak laptop merk tetangga yang bahkan juga dengan harga 15 jutaan juga masihlah belum setara dengan spesifikasi ROG GL552V. Hasil benchmark laptop ini dapat telah ngelewatin Asus ROG GL552JX, Acer Aspire V15 Nitro serta Lenovo Y50. Namun pertanyaannya, dapur picunya bagus, benchmark OK, apa telah tentu stabil serta ingin di ajak ini itu? Lanjut kebawah bros. 

Asus-ROG-GL552V-Battery 

Asus-ROG-GL552V-inside 
Iseng bongkar bawahnya, segera deh tatapan muka sama HDD konvensional serta RAM. Namun yang seru, Mamang juga nemu slot M. 2 SSD, jadi jika kita ingin, kita dapat extend storage sistem ke SSD (flash) baik untuk perluasan doang atau agar semakin ngibrit larinya. Well… kita keduanya sama taulah jika HDD konvensional lumayan loading sih buat ukuran laptop gaming moderate. 

 Asus-ROG-GL552V-gameAsus-ROG-GL552V-sleeping-dogs 
 
Melipir ke sana kemari, hampir lupa deh ngebahas begitu enaknya main game pakai laptop ini. Dengan harga yang relatif terjangkau untuk ukuran gaming laptop, Mamang dapat main beberapa game yang umumnya ngga dapat dimainin di regular laptop serta MacBook (oops sori kesebut). 

Pakai ROG GL552V ini, game sejenis Tomb Raider berasa game remeh banget, yup, dapat nyentuh frame rate 60 fps di settingan low dengan resolusi Full HD. Telah gitu, seperti kalian dapat simak di gambar atas, main game Sleeping Dogs juga lancar jaya jenis jalan tol cocok jam 3 sore. Setting-an yang mamang pakai di Sleeping Dogs juga rata-kanan (hanya gamers yang memahami). Kalian dapat simak struktur di permukaan jalanan yang wah banget, lighting drop-nya juga prima. 

Nanya dapat Dota 2? Ketebak pertanyaaanya ya? hehe… yup, Dota 2 juga telah mamang icip serta so far ngga ada masalah sekalipun. Rata kanan juga sukses namun frame-rate-nya alami penurunan. Dicoba untuk software lain sejenis Photoshop serta 3D Max juga hayo banget, multi-tasking juga ngga ada kendala terkecuali nyambi buka game yang agak berat. 

KESIMPULAN 

So, dapat disebut laptop yang satu ini yaitu entry-level gaming laptop dengan performa stabil yang harga nya ngga ngajak ribut. Seenggaknya jika kalian ngidam laptop sejenis Asus GX series namun uang masihlah belum keluar dari tanah, mungkin saja ROG yang satu ini dapat ngobatin ngidam kalian. 

Kekurangan yang paling kerasa ada di baterenya serta body-nya yang cepet banget kotor jika terkena sidik jari. Rasa-rasanya kudu nenteng tissue basah kemana saja bila ingin tetep tampak kece serta bersih. Paling akhir, Laptop ini telah dapat kalian beli di dealer resmi Asus Indonesia (maupun di negara lain) dengan harga Asus-ROG-GL552V sekitaran 12 juta rupiah.

Komentar

Pos populer dari blog ini

Laptop harga 4-6 Jutaan Terbaik 2017